Blog Dunia Remaja, Status Gokil, Status Lucu, Update Status fb, twitter, Status Cinta, Percintaan, Puisi, Pantun, Rayuan, Update Status, Tebak-tebakan, Kata Mutiara, Kata-kata Indah Terbaru 2017

Monday, January 14, 2013

Cerpen Hari Ini Berjudul "Ibu"


Cerpen yang berjudul "ibu" ini adalah salah satu cerpen favorit ku, ga henti-hentinya aku baca berulang cerpen ini kadang sampai mengeluarkan air mata. Begitu mulia dan berjasanya ibu bagi kita semua, kita takkan ada di dunia dan hidup dengan indah seperti sekarang tanpa adanya ibu yang selalu menjaga disisi kita


Senja kembali hadirkan suanana bening.
cahayanya menembus jendela kaca menerpa mataku.

Aku terbangun dengan cepat ketika guyuran air comberan menggigilkan tubuh kurus ini.

Seorang wanita dengan sapu dan ember hitam di tangan ,berdiri dengan wajah yang di buat jelek padahal memang sudah jelek,
wanita cantik ini bukan tukang sapu jalanan tapi dia adalah ibuku.

Namaku julia,hari libur kuliah seperti ini emank paling mantap ngopi bareng malaikat di alam mimpi.
Ya,seandainya itu bisa,karna mamaku tak akan mengizinkannya,menyebalkan memang,tapi aku tak punya pilihan istimewa selain mengerjakan apa yang bisa ku kerjakan hari ini,
mulai dari jaga toko,membersihkan rumah dan nonton Tom and Jerry kids sambil nangis-nangis,ok...itu tidak penting.

Namanya ku Julia,dan Wanita itu adalah Mamaku Melinda.

kejadian dua tahun lalu, rumah kami terbakar membawa semua kesenangan yang ku anggap istimewa.
harta,surat penting ,terlebih lagi Ayah dan kaka ku yang ku sayangi.

Sejak itu Ibuku Gila,dan aku tak ingin gila juga :P
hanya teriakan doa di setiap malam untuk kesembuhan ibuku,meski sekarang keadaannya lebih baik,hampir 90 %,tapi ia masih tidak mau berbicara.

Setiap malam ketika aku ingin berkutat dengan skripsiku,atau ketika aku terlelap indah dengan tidurku.
aku terpaksa bangun dan menenangkan ibuku yang merontah dan berteriak di kala malam dingin.
dan biasanya hanya itu yang membuatnya sedikit tenang dan memeluk tubuhku ,mencekramnya kuat,sambil menyebut Nama ayah dan kaka ku, aku hanya terdiam terpana terbata menahan sesak di dadaku,tangis yang tak bisa lagi ku bendung.
Memang tak setiap malam namun semua tetangga memakluminya.

Mamaku yang terlahir dari keluarga berada,menikah dengan ayahku yang seorang pengusaha dan membangun segala bisnisnya dari Nol sampai jatuh bangun,walau pada akhirnya kesibukan itulah yang terkadang membuatku dan kaka hanya bisa pasrah.

Ketika pulang dan ingin makan yang kami temukan secarik kertas dan lembaran kertas merah.
perintah untuk kami memesan makanan,ketika aku melihat semua anak berjalan di keramaian dan memegang erat tangan mama atau papanya,aku akan tertunduk dan memperhatikan dengan perasaan iri sekali, terkadang aku ingin seperti itu.

Pada suatu hari kaka ku pulang dengan sempoyongan,dari bicaranya bau alkohol dan siang hari itu kaka ku over dosis, namun tuhan masih sayang,ia masih di beri kesempatan,

Ayahku sangat marah dan menampar serta mencabuk punggung dengan ikat pinggang,tapi mungkin karna pengaruh obat,ia hanya mengeluarkan air mata dan sumpah serapah pada ayah yang membuatnya makin kalap.

Mamaku memeluk ku kuat dan kami hanya ketakutan sambil mengintip dari lubang jendela.

Dari itu mamaku memutuskan berhenti mengurus bisnis dan berjanji menjaga kami,aku dan kaka.
namun lagi-lagi ayahku dengan tingkahnya membuat makan malam kami berantakan malam itu karna keributan mereka,
Kaka ku menaruh sendoknya dan berjalan lunglai ke lantai dua dan menghidupkan musik sekerasnya,mungkin ia iangin berteriak pada nestapa dunia.

Aku juga pergi ke wc meninggalkan papa dan mama yang perang kata-kata.
mulai dari bahasa binatang sampai bahasa jorok lainya.

Aku menatap bayangan ku pada kaca
memperhatikan seluruhnya,
aku bisa merasakan tak ada kebahagian disana,sebutir cahaya terang pun tidak,

Hujan malam ini hadirkan kesunyian dan kebisuan,rumah ini terasa seperti kota mati dimna penghuninya adalah ibu,ayah,kaka dan aku namun lebih terdengar seperti penghuni neraka yang untuk menyapa saja enggan.
Aku meraih remote tv dan menghibur diriku dengan mencari chanel,namun tak ada hiburan untuk hatiku.

Aku naik ke kamarku dan wanita cantik itu alias mamaku berdiri di pintu, membwa makanan ringan di tangannya, beberapa kali mengetuk pintu,mungkin ia mengira aku akan membuka pintu,ia tak menyadari aku mengintip di belakangnya, ia pergi sambil meletakan makanan itu di lantai dan sebuah surat,
Aku mengambil dan melihat isi,

____
MAMA TAK SANGGUP LAGI JULIA !! KAMU TAHU MAMA AMAT MENYAYANGI DIRIMU, KAKAMU, DAN AYAHMU TAPI AKU LELAH, AKU BOSAN, AKU MUAK... APA YANG HARUS KU LAKUKAN???
JIKA AKU TAK ADA SUATU HARI NANTI MAAFKAN AKU DARI LUBUK HATIMU.
TERKADANG SEMASA AKU REMAJA, AKU MEMBAYANGKAN SEBUAH PERNIKAHAN YANG ISTIMEWA PUNYA ANAK DAN HIDUP BAHAGIA
ITU MEMANG TERJADI DI AWAL DAN SETELAH AKU SADARI KINI TAK ADA YANG PENTING SELAIN BERSAMA KALIAN
_________

Aku berlari ke kamarnya dan memeluk dirinya erat,perlahan ia terbangun dan membalas pelukanku,di iringi tangis mendalam

Aku keluar dan melihat kaka ku yang tertidur pulas di depan tv,
aku mengambil selimut dan membungkus tubuhnya.

__12_19_09__
Pagi ini mamaku tak masuk kerja karna alasan sakit, papaku pergi dan dengan mobil pribadi tanpa menegur kami yang sedang sarapan di meja makan.
Mamaku menaruh rotinya dan mengambil roti untuk kami
"makanlah nak,nanti kalian sakit"sambil mengolesi selai dan memberikan pada kami.

12_22_09
Hari ini Ayah pulang cepat
menaruh koper dan mengajak kami jalan_jalan untuk pertama kalinya
Ia pasti tahu mama hanya pura-pura sakit dan untuk pertama kalinya ia mengecup kening mama.

Hari ini semua terasa spesial,aku merasakan kedamaian luar biasa.
kami berjalan ke Mall Taman Anggrek,ke taman jaya Ancol.
sampai pulang kelelahan.
Di fb di twiteer aku mengungkapkan kegembiraanku,dengan foto,video dan lainnya.

Banyak tanggapan positif dan ikut merayakam kebahagaian ini.

12_23_09
Hari ini ayah terlihat murung di dekat jendela menatap langit,di samping ibuku,mereka terlihat menangis dan spertinya mereka membicarakan kami.

Mulai dari aku menyelimuti kaka di depan tv,mama menaruh makanan di depan kamarku,dan aku yang memeluk mama.ternyata ayah mengintip dan melihat itu, ia mengatakan ingin merasakan itu juga.

Mama memeluknya dan mereka terdiam untuk sejenak.

"mama bisnis kita gagal,saya minta maaf tidak bisa mempertahankan apa yang sudah kita tekuni beberapa tahun ini."kata papa di sela pelukannya.

"tidak apa_apa,yang penting kita bisa mempertahankan keluarga kecil ini"kata mama yang di ikuti tangis papa.

Aku dan kaka keluar dari persembunyian dan ikut memelul mereka.

24_12_10__
Hari ini rumah kami terbakar karna konsleting listrik
aku dan mama yang berhasil di selamatkan petugas pemadam kebakaran.
mamaku beberapa hari ini belum menunjukan tanda-tanda pemulihan.infus menjalar di tubuhnya
Aku menunggu dengn sabar di setiap malam.
pada hari ke dua mamaku sembuh,tapi..??

_____
Ya begitulah keadaan sampai sekarang.
dan aku berjanji untuk menjaganya.
wanita tua ini,kulitnya mulai kusut dan kadang keriput mulai mengambil masa remajanya. Tapi pengorbanan dan cintanya akan selalu sepanjang masa.
bagai sang surya menerangi dunia.
Ya,itulah mahkluk tuha paling sempurna yang kita sebut IBU

TAMAT

Cerpen Hari Ini Berjudul "Ibu" 4.5 ibnu